Wednesday, April 17, 2013

Tugas Diskusi Komputer dan Masyarakat


Nama-nama Kelompok B :
  1. Afrizal 
  2. Dipa Lestari 
  3. Eka Rozalena 
  4. Ii Sugianto
Jurusan      : Sistem Informasi
Semester   : IV(empat)
Soal 
  1. Bagaimana Pendidikan Jarak Jauh bermanfaat bagi yang cacat tubuh. 
  2.  Kelompok-kelompok apa yang akses internetnya lebih rendah dari pada kelompok lainnya ? Apakah mereka berada di lokasi geografis tertentu ? 
  3. Jika seorang anak tumbuh di lingkungan rumah tanpa komputer atau koneksi internet dan tidak punya akses ke computer tau internet di sekolah, apakah efeknya akan sangat kentara pada masa depan anak tersebut ?
  4.  Dapatkah anda menyebutkan lima hal yang tidak akan diketahui oleh anak itu tentangbagaimana melakukannya dibanding sebagian besar teman sebayanya yang mengetahui ?
Jawab :
No 1.
Sampai saat ini pembelajaran yang masih banyak digunakan dalam sistem pendidikan jarak jauh terutama adalah media cetak berupa bahan belajar mandiri yang biasa disebut modul.
Media ini seringkali ditunjang dengan media radio, TV, kaset audio, dan kaset video.menurut kami, media tersebut di atas kurang memberikan kesempatan kepada siswa dan guru untuk saling berinteraksi, karena itu menyebabkan adanya jarak transaksi yang besar.
Artinya media tersebut kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkomunikasi, berdialog, atau berinteraksi dengan guru terutama bagi anak yang cacat tubuh.
Akibatnya siswa yang mendapatkan kesulitan dalam memahami isi pelajaran tidak dapat menanyakan kesulitan itu kepada guru.
Dengan demikian kalau siswa salah dalam menafsirkan isi pelajaran, kesalahan itu akan disimpannya dan dibawanya terus sebelum ada orang yang memberi penjelasan mengenai penafsiran yang benar.

No 2.
Yaitu, kelompok-kelompok  yang merupakan kelompok  tertentu yang berada di pedesaan ataw tempat – tempat terpencil yang mana kelompok ini sulit untuk menemukan fasilitas yang memadai untuk mengunakan dan mengases internet sebagaimana dengan fasilitas yang ada di daerah perkotaan ataw pusat keramain.
  •  Seperti: kelompok-kelompok yang berada di pedalaman,pegunungan,ataw pesisir pantai yang tidak terjangkaw arus listrik dan juga akses untuk menuju ke tempat tersebut sangat sulit Dan
  •  Kelompok-kelompok orang yang berada di bawa garis kemiskinan
No 3.
Jelas………..!  Sangat berpengaruh karena sebagaimana internet dan world wide web yang telah menjadi trend dalam kebudayaan kita dan menggantikan format media massa lainnya dalam menyampaikan informasi yang dicari, mulai dari informasi pemberitaan, olahraga, cuaca, resep, dan masih banyak hal lainnya yang kesemuanya itu merupakan sebuah cara baru, bukan hanya dalam pemakaian komputer didalam rumah, tapi juga dalam hal pemakaian koneksi internet.
     Dengan ini anak tersebut dapat mengerjakan tugasnya dengan senang dan membuat anak tersebut bisa mengembangkan pengetahuannya yang dia dapatkan melalui internet dan masa depannya pun semakin luas dengan menggali sejuta informasi melalui internet.
No 4 
5 Hal yang tidak di ketahui anak tersebut yaitu;
1.  Komputer itu untuk apa dan bagaimana cara mengoperasikan ?
2.  Apa itu akses Internet ?
3.  Email itu buat apa dan bagaimana cara membuat nya?
4.  Pengetahuan tentang ilmu-ilmu lainya hanya sekedar yang di pelajari di sekolah
5.  Tidak mengetahui perkembangan teknologi terbaru

No comments:

Post a Comment