Friday, May 3, 2013

Tiga Dasar Keahlian Manajement


Keahlian dalam manajemen secara mendasar dibagi menjadi tiga, yaitu:
  1. Keahlian Teknis (Technical Skill) yaitu keahlian teknis merupakan kemampuan manusia untuk menggunakan prosedur, teknik, dan    pengetahuan dalam bidang khusus. Keahlian teknis sangat dibutuhkan oleh manajer di lini pertama karna mereka sering terlibat dengan para pekerja yang mengoperasikan mesin, para salesman, atau bahkan para programmer yang membutuhkan pegarahan untuk menyelesaikan tugas yang kompleks.
  2. Keahlian Interpersonal (Interpersonal Skill) yaitu keahlian interpersonal berarti keahlian untuk bekerja sama, memahami, dan memotivasi orang lain sebagai individu atau dalam kelompok. Termasuk dalam keahlian ini, antara lain kemampuan untuk berkomunikasi, memimpin, memberi motivasi kepada pekerja lain untuk menyelesaikan tugas. Mereka juga harus berinteraksi dengan atasan mereka serta orang lain di luar wilayah kerjanya.
  3. Keahlian Konseptual (Conseptual Skill) yaitu keahlian konseptual mengacu pada kemampuan untuk mengkordinasikan dan mengintegrasikan semua kepentingan dan aktivitas organisasi. Keahlian ini sangat penting bagi manjemen puncak. Kemampuan seorang manajer untuk naik ke puncak yang lebih tinggi juga tergantung pada kemampuannya untuk memahami peran kerja departemen lain seperti keuangan, marketing, personalia, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment