Tujuan perusahaan pada umumnya ialah untuk memuaskan kebutuhan dari konsumen dengan nilai-nilai tertentu. Tujuan perusahaan dapat digolongkan sebagai berikut :
Tujuan primer adalah pembuatan barang/jasa yang dijual untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan
Organisatoris adalah nilai-nilai yang harus disumbangkan oleh
masing-masing atau kelompok individu yang berada pada bagian yang
bersangkutan. Tujuan Operasional adalah nilai-nilai yang disumbangkan
oleh masing-masing tahap dalam suatu unit prosedur kerja secara
keseluruhan.
- Tujuan Pelayanan Kolateral
Tujuan
Kolateral Pribadi adalah nilai-nilai yang ingin dicapai oleh individu
atau kelompok individu dalam perusahaan. Tujuan Kolateral Sosial ialah
nilai-nilai ekonomi yang lebih luas/umum yang diperlukan bagi
kesejahteraan masyarakat dan yang dapat secara langsung dihasilkan dari
kegiatan perusahaan. Tujuan Kolateral Sosial bersifat lebih luas untuk kepentingan masyarakat, misalkan : membayar pajak.
- Tujuan Pelayanan Sekunder
Merupakan nilai-nilai yang diperlukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan primer.
Tetapi secara umum, tujuan perusahaan dapat berupa :
- mencapai keuntungan maksimal
- mempertahankan kelangsungan hidup
- mengejar pertumbuhan
- menampung tenaga kerja
No comments:
Post a Comment