Thursday, November 12, 2015

DFD



DFD (Data Flow Diagram) adalah perangkat-perangkat analisis dan perancangan yang terstruktur sehingga memungkinkan peng-analis aplikasi secara visual sebagai suatu rangkaian aliran data yang saling berkaitan. Komponen-komponen DFD yaitu dapat dilihat pada tabel berikut:
Komponen DFD
Nama
Fungsi
Terminator
Kesatuan diluar sistem atau aplikasi (external entity) yang memberikan input ke aplikasi atau menerima output dari aplikasi berupa orang, organisasi, atau sistem lain
Process
aktivitas yang mengolah input menjadi output
Data Flow
aliran data pada aplikasi (antar proses, antara terminator dan proses, serta antara proses & data store)
Data Store
penyimpanan data pada database, biasanya berupa tabel
Tabel 2.1 Komponen DFD
Di dalam DFD terdapat level, yaitu :
1.         Context Diagram
Context Diagram adalah DFD ruang lingkup dari sistem yang menunjukkan batas-batas sistem, external entity yang berinteraksi dengan sistem dan aliran data utama antara external entity dengan sistem. Context diagram menggambarkan keseluruhan sistem dalam suatu proses tunggal. (Mulyarto, 2008:28).
2.         DFD Level n
DFD Level n merupakan penurunan atau penjabaran dari Diagram Context. Dalam pembuatan DFD harus mengacu pada aturan sebagai berikut :
·      Setiap penurunan level yang lebih rendah harus mempresentasi proses tersebut dalam spesifikasi proses yang jelas.
·      Penurunan dilakukan apabila memang diperlukan.
·      Tidak semua bagian dari sistem harus diturunkan dengan jumlah level yang sama.
Fungsi dari Data Flow Diagram adalah :
1.          Alat pembuatan model yang memungkinkan profesional aplikasi untuk menggambarkan aplikasi sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi.
2.          Salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi aplikasi merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh aplikasi. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi aplikasi.
DFD ini merupakan alat perancangan sistem atau aplikasi yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem atau aplikasi kepada pemakai maupun pembuat program

No comments:

Post a Comment