Beberapa komponen –
komponen dasar sistem informasi pemasaran antara lain :
1.
Lingkungan
Internal ( Internal Environment)
Sistem informasi
pemasaran (SIP) di desain untuk membantu manajer pemasaran dalam membuat
keputusan yang efektif agar dapat memberikan kontribusi dalam mencapai
sasaran-sasaran perusahaan atau usaha. Oleh karena itu, komponen pertama yang
harus dipertimbangkan dalam pengembangan SIP adalah lingkungan internal yang
mencakup :
a.
Jenis keputusan
yang harus dibuat.
b.
Sasaran
perusahaan yang seharusnya menjadi pedoman dalam proses pengambilan keputusan
secara keseluruhan.
2.
Perangkat
Pengguna ( User Interface)
Sistem perangkat
pengguna di desain dan di rancang secara hati-hati sesuai dengan kebutuhan dan
latar belakang pemikiran pimpinan perusahaan atau usaha yang akan membuat
mereka merasa bahwa dengan menggunakan sistem merupakan aset yang dapat
membantu dalam melakukan pekerjaan mereka sehari-hari.
3.
Basis Data (Database)
Di dalam pengambilan
keputusan yang baik tentunya memerlukan data yang tersedia, maka diperlukan
sebuah database untuk mengolah data tersebut. Database adalah kumpulan file (data) yang tersusun dengan baik dan dapat digunakan untuk saling
menghubungkan satu data dengan data lainnya.
No comments:
Post a Comment