Thursday, November 12, 2015

Komponen Dasar Sistem Informasi Pemasaran



Beberapa komponen – komponen dasar sistem informasi pemasaran antara lain :
1.      Lingkungan Internal ( Internal Environment)
Sistem informasi pemasaran (SIP) di desain untuk membantu manajer pemasaran dalam membuat keputusan yang efektif agar dapat memberikan kontribusi dalam mencapai sasaran-sasaran perusahaan atau usaha. Oleh karena itu, komponen pertama yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan SIP adalah lingkungan internal yang mencakup :
a.       Jenis keputusan yang harus dibuat.
b.      Sasaran perusahaan yang seharusnya menjadi pedoman dalam proses pengambilan keputusan secara keseluruhan.

2.      Perangkat Pengguna ( User Interface)
Sistem perangkat pengguna di desain dan di rancang secara hati-hati sesuai dengan kebutuhan dan latar belakang pemikiran pimpinan perusahaan atau usaha yang akan membuat mereka merasa bahwa dengan menggunakan sistem merupakan aset yang dapat membantu dalam melakukan pekerjaan mereka sehari-hari.

3.      Basis Data (Database)
Di dalam pengambilan keputusan yang baik tentunya memerlukan data yang tersedia, maka diperlukan sebuah database untuk mengolah data tersebut. Database adalah kumpulan file (data) yang tersusun dengan  baik dan dapat digunakan untuk saling menghubungkan satu data dengan data lainnya.

No comments:

Post a Comment