Thursday, November 12, 2015

Pengertian Basis Data (Database)


  Menurut Fathansyah (dalam Mulyarto, 2008:260) “Basis data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan dengan yang lainnya”, tersimpan dalam perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya”. Basis data atau lebih sering disebut database merupakan sekumpulan informasi yang sangat komplek yang berguna untuk mengatur semua data yang ada di dalamnya sehingga dapat diakses oleh pengguna dengan mudah dan cepat. Data yang tersimpan dalam database dikelola oleh sistem basis data yang disebut Data Base Management System (DBMS), semua permintaan pemakai untuk mengakses database ditangani oleh DBMS.
Sistem basis data terdiri dari komponen-komponen utama yang membentuknya. Menurut Riyanto et al (2009:29), komponen-komponen tersebut adalah:  
a.         Perangkat keras (Hardware)
b.         Sistem operasi
c.         Basis data
d.        Sistem pengelolaan basis data (DBMS)
e.         Pengguna (user)
Di dalam SIG, model basis data yang sangat sering dan banyak digunakan yaitu model database relasional. Model database relasional menggunakan sekumpulan tabel berdimensi dua (biasa disebut relasi) yang merupakan tempat data disimpan. Masing-masing tabel dalam model database relasional juga terdapat istilah Primary key (kunci). Primary Key adalah satu atau gabungan beberapa atribut yang dapat membedakan semua baris data dalam tabel secara unik. Dengan kata lain, jika memberikan sebuah nilai berdasarkan primary key maka maksimum hanya ada satu baris memenuhinya. Selain Primary Key, kunci disini dibagi menjadi Candidat Key, Alternate Key, Foreign Key serta Composite Key.
1.         Candidate Key
Candidate Key adalah satu atau lebih atribut yang mendefinisikan sebuah baris secara unik yang berfungsi sebagai calon dari primary key serta mempunyai nilai unik pada hampir setiap barisnya. Dapat dikatakan candidat key merupakan kunci yang belum menjadi kunci primer pada sebuah tabel.
2.         Alternate Key
Alternate Key adalah candidat key yang tidak dipilih untuk mendefinisikan sebuah baris secara unik, tetapi perlu dicatat meskipun tidak menjadi alternate key di sebuah tabel akan tetapi tidak tertutup kemungkinan bisa menjadi primary key di tabel lainnya.
3.         Foreign Key
Foreign Key adalah sebarang kolom yang menunjuk ke kunci primer (primary key) milik tabel lain.
4.         Composite Key
               Composite Key adalah kunci primer (primary key) yang tidak terbentuk oleh sebuah
                kolom, melainkan tersusun atas beberapa kolom.

No comments:

Post a Comment