Thursday, November 12, 2015

Pengertian Pemasaran



Istilah pemasaran dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Marketing. Asal kata pemasaran adalah pasar (market), didalamnya mecakup berbagai kegiatan seperti membeli, menjual dengan segala macam cara, mengangkut barang, menyimpan, mensortir dan sebagainya. Menurut American Marketing Association (AMA) menyatakan bahwa pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penentuan harga, promosi dan pendistribusian barang, jasa, ide dan dapat memuaskan pelanggan dan tujuan perusahaan (1985:3).
Beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya tentang pemasaran, antara lain :
Di dalam buku “Principles of marketing” menyatakan Marketing consist of those efforts which efeck transfers in the ownership of goods and services and which provide for their physical distribution. Yang berarti Marketing atau pemasaran terdiri dari usaha yang mempengaruhi pemindahan pemilikan barang dan jasa termasuk distribusinya (Rayburn D Tousley, Ph. D., Eugene Clark, Ph. D., Fred E. Clark,Ph.D, 1962:2).
Pemasasran merupakan suatu proses dalam menentukan permintaan konsumen akan barang dan jasa, memotivasi penjualan, mendistribusikan ke konsumen akhir dengan keuntungan sebagai imbalannya (Brech, 1953:2).
Dari penjelasan para ahli tentang pemasaran diatas, dapat disimpulkan bahwa pemasaran adalah segala sesuatu kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan atau mempromosikan barang atau produk yang di produksi kepada pembeli atau kosumen.

No comments:

Post a Comment