Thursday, November 12, 2015

Pengertian Metode Tanya Jawab



             Dalam proses belajar mengajar guru dan cara mengajarnya merupakan factor penting untuk menimbulkan motivasi belajar siswa terutama dalam belajar di sekolah, bagaimana sikap, dan kepribadian guru, tinggi rendahnya ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh guru dan bagaimana sikap mengajarkan pengetahuan itu kepada siswanya, turut menentukan hasil belajar yang dapat dicapai oleh siswa (Purwanto, dalam Tohri, 2007). Jadi ketika kita mengajar semua yang ada pada seorang guru itu turut menentukan lancarnya prosesnya belajar mengajar, bukan semata-mata dari pandai tidaknya guru menyampaikan materi pelajaran saja.
             Dalam setiap pelaksanaan proses belajar mengajar akan selalu melibatkan individu yang satu dengan yang lain, atau kelompok individu yang lain, sehingga di dalam Tanya jawab pada hakekatnya telah terjadi interaksi dan komunikasi yang bersifat intensif, untuk merumuskan tujuan bersama. Jika diperhatikan makna yang terkandung di dalam metode Tanya jawab merupakan jembatan untuk melatih keterampilan siswa dalam berkomunikasi dengan sesamanya, dimana komunikasi itu adalah alat untuk menyampaikan atau mengungkapkan ide, perasaan, dan buah pikirannya sebagai baik dan manusiawi. Dengan memahami komunikasi, maka tidak ada cara yang lebih efektif dan efisien selain melatih kemampuan siswa untuk berkomunikasi secara baik dan benar melalui berbagai metode yang ada, seperti dengan menggunakan metode Tanya jawab untuk memberikan peluang kepada siswa untuk melatih diri untuk berkomunikasi secara lisan.
             Metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama guru kepada siswa tetapi dapat pula dari siswa kepada guru.
Metode tanya memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa sekalipun ketika itu ssiswa sedang rebut, dan yang mengantuk akan kembali tegar dan hilagn rasa kantuknya.
2.      Merangsang siswa untuk melatih dan mengembangkan daya pikir, termasuk daya ingatannya.
3.      Mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapatnya.
(S.B. Djamarah, dkk, 1996: 107).
             Jadi penggunaan metode tanya jawab ini dapat mendorong siswa untuk belajar lebih giat lagi, dan juga dapat mengarahkan siswa untuk mampu berpikir dan memecahkan suatu masalah, dengan demikian siswapun seolah-olah sudah terbiasa dan terlatih untuk memecahkan masalah sendiri, karena mereka sudah terbiasa aktif dalam proses belajar mengajar tersebut.
             Faktor penggunaan metode tanya jawab ini ditetapkan mana yang terbaik untuk mencapai suatu tujuan dengan cara yang efisien. Seorang guru yang sangat sedikit atau miskin pengetahuannya tentang metode pencapaian tujuan yang kurang menguasai berbagai mteode dalam mengajar atau mungkin tidak mengetahui adanya metode-metode itu, akan berusaha dengan cara yang tidak wajar. Dalam hal yang demikian akan berakibat rendahnya mutu pelajaran.
             Sebaliknya cara mengajar yang menggunakan berbagai metode dan teknik pengajaran yang didasarkan pengertian dari pihak guru akan dapat memperbesar minat siswa dalam belajar, sebagai akibatnya akan mempertinggi hasil belajar mereka. Dengan mengajak, merangsang, dan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk ikut mengemukakan pendapat, belajar mengambil kesimpulan, bekerja dalam kelompok, berdiskusi, dan lain-lain akan membawa siswa kepada suasana belajar yang sesungguhnya, dan bukan pada suasana diajar belaka.
             Dalam metode-metode baru harus membawa suasana interaksi belajar mengajar pada dunia siswa, membtu dan mendorong siswa untuk belajar. Menurut (Anderson, dalam Rasyad, dkk, 1981) mengatakan bahwa “siswa yang kurang terampil membaca akan senantiasa kehilangan butir-butir penalarannya dalam kegiatan bertanya jawab. Jadi sangat diperlukan suatu pemahaman yang secara sistematis tentang efektifitas metode tanya jawab untuk mengungkapkan kemampuan siswa dalam merespon secara lisan, materi-materi pelajaran yang disampaikan oleh gurunya.
             Jika diperhatikan makna yang terkandung dalam metode tanya jawab sebagaimana yang dijelaskan di atas, maka metode tanya jawab merupakan suatu wadah untuk melatih mengungkapkan perasaan dan menumbuhkembangkan tradisi intelektual bagi siswa. Di dalam kegiatan bertanya jawab siswa berlatih atau dilatih untuk berpikir dan berbicara sesuai dengan ide perasaan atau gagasan dari masing-masing individu (Masnur, M, dkk, 1987: 108).

No comments:

Post a Comment

 
 
K
A
J
E
J
S
U
P
A
H
G
N
E
P
G
N
A
S