Thursday, November 12, 2015

Pengertian Subsistem



Menurut Riyanto et al (2009:38), Sistem Informasi Geografi mempunyai beberapa subsistem, yaitu:
a.         Input
Subsistem ini bertugas untuk mengumpulkan data dan mempersiapkan data spasial dan atribut dari berbagai sumber dan bertanggung jawab dalam mengkonversi atau mentransformasikan format data aslinya kedalam format yang dapat digunakan oleh SIG.
b.         Manipulasi
Manipulasi data merupakan proses editing terhadap data yang telah masuk, hal ini dilakukan untuk menyesuaikan tipe dan jenis data agar sesuai dengan sistem yang akan dibuat, seperti: penyamaan skala, dan pengubahan sistem proyeksi, generalisasi dan sebagainya. Subsistem ini menampilkan atau menghasilkan keluaran seluruh atau sebagian basis data baik dalam bentuk  softcopy maupun bentuk hardcopy  seperti: tabel, grafik dan peta.
c.         Managemen Data
Subsistem ini meliputi seluruh aktifitas yang berhubungan dengan pengolahan data (menyimpan, mengorganisasi, mengelola dan menganalisis data) kedalam sistem penyimpanan permanen seperti: sistem file server atau database server sesuai kebutuhan sistem.
d.         Query
Query adalah suatu metode pencarian informasi untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengguna SIG. Pada SIG dengan sistem file server, query dapat dimanfaatkan dengan bantuan compiler atau interpreter yang digunakan dalam mengembangkan sistem, sedangkan untuk SIG dengan sistem database server dapat memanfaatkan SQL (Structured Query Language) yang terdapat pada DBMS yang digunakan.
e.         Analisis
Terdapat dua jenis fungsi analisis dalam SIG, yaitu: fungsi analisis spasial, dan analisis atribut. Fungsi analisis spasial adalah operasi yang dilakukan pada data spasial. Sedangkan, fungsi analisis atribut adalah fungsi pengolahan data atribut, yaitu data yang tidak berhubungan dengan ruang.
f.          Visualisasi (Output Data)
Penyajian hasil berupa informasi baru atau database yang ada baik dalam bentuk softcopy maupun dalam bentuk  hardcopy seperti dalam bentuk: peta (atribut peta dan atribut data), tabel, grafik dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment